Temukan situs lain

Kamis, 21 Mei 2009

Bagian Siaran Langsung dan Bagian Presentasi


Bagian Siaran Langsung
Kenyataan bahwa program siaran langsung mempunyai keunggulan tersendiri dibandingkan program reguler yang sudah terekam, sebab acara tersebut mempunyai realitas tinggi atau benar benar sesuai dengan kenyataan saat itu sehingga apapun yang terlihat ditelevisi merupakan kejadian yang sebenarnya baik dari sisi lokasi atau waktu.
Keuntungan dari siaran langsung mungkin diantaranya dari sisi pengerjaan yang sangat efisien, karena tidak melewati proses editing, mixing, transfering dan sebagainya dimana dalam hal ini merupakan runtunan yang panjang dan melibatkan banyak orang, waktu dan tempat. Sedangkan kerugiannya adalah resiko kegagalan bila ada gangguan berarti baik masalah teknis atau operasional. Karena acara tersebut langsung terlihat hasilnya oleh penonton, juga acara semacam ini mempunyai slot alokasi waktu yang pasti sehingga jika acara live tersebut gagal, otomatios mengganggu rentetan acara selanjutnya, maka disinilah diperlukan koordinasi denga bagian lainnya secara komprehensif.
Selain itu, untuk acara berjenis news, live event, mempunyai nilai tambah yang besar, seperti peliputan kejadian kejadian yang sifatnya menarik perhatian penonton seperti berita kerusuhan, kejahatan, demonstrasi yang tentu semua itu bias terlihat secara langsung oleh mata penonton. Namun umumnya peliputan secara langsung tersebut memerlukan kesiapan petugas, peralatan dan biaya yang besar, khususnya penyewaan transporder satelit.

Bagian Presentasi
Bagian Presentasi adalah pengendali utama sebuah siaran berlangsung. Bagian ini merupakan pengatur waktu kapan acara akan on air dengan kapan saatnya iklan akan ditayangkan, sehingga tidak saling berbenturan satu sama lainnya. Pembagian waktu tersebut sudah diatur oleh system komputerisasi yang ada namun juga tetap diperlukan pengawasan walaupun secara manual setiap saat, sebab sering terjadi saat berlangsung siaran, ada gangguan teknis.

Gangguan teknis yang sering ditemui yaitu :
• Komuter macet atau hang
• Listrik padam dan pada saat yang sama, UPS dan genset mengalami gangguan
Oleh sebab itu, perlu antisipasi dengan langkah langkah tertentu berupa penyelamatan siaran.

Sedangkan gangguan non teknisnya yaitu :
• Ada program melebihi waktu yang sudah ditetapkan atau diistilahkan dengan over run. Dalam hal ini bagian presentasi harus segera melakukan delete beberapa item on air, agar terkendali lagi sesuai waktu dalam log siaran.
• Sering juga dijumpai program acara dengan minim durasi tayang atau istilahnya Under run. Dalam hal ini bagian presentasi harus segera melakukan insert beberapa item on air agar terkendali lagi sesuai waktu dalam log siaran.

Bagian Presentasi juga bertugas untuk :
• Menaikkan atau menurunkan identitas stasiun televise ( loga atau captions )
• Menjalankan running text
• Quality control terhadap contents dari program acara atau iklan.

Tidak ada komentar: